Cara Menjalankan web server di Termux

CARA MENJALANKAN WEB SERVER DI TERMUX




Hasil gambar untuk web server

hallo gaes, kali ini saya akan membagikan cara bagaimana membuat web server dengan termux, apa itu web server ? web server adalah perangkat lunak (software) dalam server yang berfungsi untuk menerima permintaan (request) berupa halaman web melalui protokol HTTP dan atau HTTPS dari klien yang lebih dikenal dengan nama browser, kemudian mengirimkan kembali (respon) hasil permintaan tersebut ke dalam bentuk halaman-halaman web yang pada umumnya berbentuk dokumen HTML. oke langsung kita mulai


Bahan :
1. Android di atas kitkat
2. Termux
3. Script php 

oke mari kita mulai

1. pkg update -y && pkg upgrade -y
2. pkg install php
3. termux-setup-storage ( untuk memberi akses termux untuk akses sdcard)
4. siapkan script php

Untuk script phpnya,kalian bisa ambil script di bawah ini, lalu simpan dengan ekstensi php, script di bawah ini hanya script simple yang mudah di jalankan.


<html>
<head>
<title> php test </title>
</head>
<body>

<?php echo '<p>hello world</p>'; ?>
</body>
</html>

simpan dengan ekstensi php, script di atas bisa kalian buat menggunakan perintah nano di termux
ketik nano hallo.php, untuk menjalankannya ketik perintah berikut :


- php -S 127.0.0.1:8080 hallo.php





















setelah perintah di atas di jalankan nanti akan muncul tulisan listening on http://127.0.0.1:8080, salin ip itu dan paste di browser kalian, nanti akan muncul script php yang sudah kalian buat tadi, seperti berikut


    
maaf apabila gambar kurang jelas, web server ini juga cocok bagi kalian yang ingin membuat script deface atau shell php, kalian bisa melihat hasilnya langsung dengan menggunakan web server ini.
apabila ada kritik atau saran boleh di tulis di kolon komentar, sekian tutorial dari saya apabila ada salah kata mohon di maafkan.

3 Comments

Previous Post Next Post