Apa itu modeling dan kegunaan dari Modeling

 Kegunaan dari Modeling




apa itu modeling dan apa kegunaan dari modeling ? simak baik-baik penjelasan berikut tentang modeling, UML, kependekan dari Unified Modeling Language, adalah bahasa pemodelan standar yang terdiri dari serangkaian diagram terintegrasi, yang dikembangkan untuk membantu pengembang sistem dan perangkat lunak untuk menentukan, memvisualisasikan, membangun, dan mendokumentasikan artefak sistem perangkat lunak, serta untuk pemodelan bisnis dan lainnya. sistem non-perangkat lunak. UML mewakili sekumpulan praktik teknik terbaik yang telah terbukti berhasil dalam pemodelan sistem besar dan kompleks. UML adalah bagian yang sangat penting dari pengembangan perangkat lunak berorientasi objek dan proses pengembangan perangkat lunak. UML sebagian besar menggunakan notasi grafis untuk mengekspresikan desain proyek perangkat lunak. Menggunakan UML membantu tim proyek berkomunikasi, mengeksplorasi desain potensial, dan memvalidasi desain arsitektur perangkat lunak. Pada artikel ini, kami akan memberikan Anda gagasan terperinci tentang apa itu UML. 


Mengapa UML

Ketika nilai strategis dari perangkat lunak meningkat bagi banyak perusahaan, industri mencari teknik untuk mengotomatisasi produksi perangkat lunak dan untuk meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya dan waktu ke pasar. Teknik-teknik ini termasuk teknologi komponen, pemrograman visual, pola dan kerangka kerja. Bisnis juga mencari teknik untuk mengelola kompleksitas sistem karena mereka meningkatkan ruang lingkup dan skala. Secara khusus, mereka mengenali kebutuhan untuk memecahkan masalah arsitektur berulang, seperti distribusi fisik, konkurensi, replikasi, keamanan, keseimbangan beban dan toleransi kesalahan. Selain itu, pengembangan untuk World Wide Web, sementara membuat beberapa hal lebih sederhana, telah memperburuk masalah arsitektur ini. Unified Modeling Language (UML) dirancang untuk menanggapi kebutuhan ini.
  1. Memberi pengguna bahasa pemodelan visual ekspresif yang siap pakai sehingga mereka dapat mengembangkan dan bertukar model yang bermakna.
  2. Menyediakan mekanisme ekstensibilitas dan spesialisasi untuk memperluas konsep inti.
  3. Tidak bergantung pada bahasa pemrograman tertentu dan proses pengembangan.
  4. Berikan dasar formal untuk memahami bahasa pemodelan.
  5. Dorong pertumbuhan pasar alat OO.
  6. Mendukung konsep pengembangan tingkat tinggi seperti kolaborasi, kerangka kerja, pola dan komponen.
  7. Integrasikan praktik terbaik.

Kegunaan dari modeling
UML digunakan untuk memodelkan suatu sistem (bukan hanya perangkat lunak) yang menggunakan konsep berorientasi object. Dan juga untuk menciptakan suatu bahasa pemodelan yang dapat digunakan baik oleh manusia maupun mesin.


Class Diagram Modeling



Case Diagram

di atas adalah penjelasan singkat dari apa itu modeling dan apa kegunaan dari modeling, jika ada salah kata mohon maaf terima kasih.

sumber : - UML
                 - Codepolitan
                  - Class Diagram
                  - Case Diagram

Post a Comment

Previous Post Next Post