Cara Membuat Kalkulator Sederhana dengan Python

Cara Membuat Kalkulator Sederhana dengan Python



Hallo gaes, kali ini saya akan membagikan tutorial sederhana bagaimana membuat kalkulator simple dengan python, langkah-langkah ini bisa kalian buat di termux, ataupun di pc, langkahnya pun cukup mudah dan gampang di pahami.



Bahan :

1. Termux
2. Sabar & teliti

untuk langkah pertama sebagai berikut :

- $ pkg update -y && pkg upgrade -y
- $ pkg install python3
- $ pkg install nano

jika sudah menginstall sesuai langkah-langkah di atas, untuk proses selanjutnya seperti berikut :

- nano kalkulator.py

tau kan peritah nano !!
perintah nano di gunakan sebagai editor text

di bawah ini adalah contoh script pythonya, kalian bisa langsung copy paste, dan juga bisa mengembangkanya sendiri, bisa untk perkalian, pengruangan atau pembagian, untuk script python yang di bawah ini saya menggunakan menambahan.

x = input('masukkan angka ke 1 :')
y = input('masukkan angka ke 2 :')
num1 = int(x)
num2 = int(y)
print(num1, '+', num2, '=', num1 + num2)



















nah script di atas tinggal kalian copy paste saja dan mengembangkannya sesuai keinginan kalian

  • setelah itu tekan ctrl+x tekan y lalu enter ( untuk menyimpannya )
  • python kalkulator.py ( untuk menjalankan python )




nah di atas adalah contoh untuk menjalankan pythonya, mudahkan silahkan kembangkan menurut kreasi masing2.
Sekian tutorial dari saya apabila ada salah kata mohon maaf, tetap ikuti blog saya karena setiap hari akan saya update informasi dan tutorial terkini
terima kasih.

2 Comments

Previous Post Next Post