Pengertian E-UKM,Struktur E-UKM dan Flowchart E-UKM

Pengertian E-UKM,Struktur E-UKM dan Flowchart E-UKM




1.1 Pengertian E-UKM
     Kali ini saya akan menjelaskan apa itu E-UKM, E-UKM singkatan dari usaha kecil menegah adalah pengusah kecil atau menengah yang bergerak di bidang kuliner, bidang tesktil dll, bagi pelaku bisnis ukm mereka pastinya perlu adanya promosi agar produk yang mereka buat lebih di kenal oleh orang, masalah yang sering di hadapi oleh pengusaha UKM adalah pemasaran.
    Oleh karena itu e-commerce hadir agar para pelaku bisnis UKM lebih maju dalam hal pemsaran agar mereka dapat menjangkau pasar yang lebih luas, apa itu E-COMMERCE ? dalam dunia internet mungkin kalian sudah sering mendegar apa itu e-commerce khususnya bagi para pelaku bisnis online seperti jual beli online dan mempromosikan produknya secara online melalui media social maupun web, E-commerce atau disebut perdangangan elektronik merupakan aktivitas yang berkaitan dengan pembelian, penjualan, pemasaran barang ataupun jasa dengan memanfaatkan sistim elektronik seperti internet ataupun jaringan komputer, E-commerce juga melibatkan aktivitas yang berhubungan dengan proses transaksi secara online, dalam pelaku usaha bisnis online/ pelaku bisnis UKM E-commerce sangat menguntungkan karena memiliki cakupan pasar yang lebih luas. seperti E-commerce yang sudah ada saat ini seperti :

  • Bukalapak
  • Lazada
  • Tokopedia
  • Shoopie
Bagi pengusaha bisnis UKM tentu tidak asing lagi denngan e-commerce yang ada di atas, karena e-commerce tersebut yang sampai saat ini terus berkembang, memudahkan pengusaha UKM mempromosikan produknya, dan melaksanakan transaksi jual beli online dan transaksi online yang begitu mudah.


1.2 Struktur E-UKM

Berikut ini adalah Struktur E-commerce untuk E-UKM



Dari gambaran struktur di atas bisa kalian bayangkan bagaimana membuat e-commerce untuk pengusaha UKM, penjelasanya seperti berikut :

  • Produsen = berfungsi bisa kita artika sebagai penyedia barang/produk barang dari pengusaha UKM yang akan di jual di dalam web e-commerce. 
  • E-Shop = berfungsi sebagai apabila si pengusaha/produsen ingin menjual barangnya di e-commerce lain seperti bukalapak dll.
  • Perizinan = apa bila si pengusaha/produsen tidak memliki izin, maka dalam aplikasi e-commerce yang di buat akan membantu pengusaha tersebut untuk memliki izin untuk berjualan.
  • Suppleyer = berfungsi sebagai penyedia barang atau penyedia bahan baku bagi pengusaha UKM.
  • Message = dalam aplikasi e-commerce messega di gunakan untuk interaksi antara pembeli dan penjual agar saling berkomunikasi untuk menanyakan barang yang di jual masih ada atau tidak.
  • Group = di fungsikan sebagai sarana pesan antar pengusaha agar saling berkomunikasi untuk saling bertukar barang agar mudah memperoleh bahan baku yang akan di gunakan untuk membuat produk yang akan di jual atau bisa saling berbagi kesan antara si penjual dan pembeli.
  • Whatsapp = apabila si pembeli ingin menanyakan stok barang yang akan di beli, dalam aplikasi e-commerce menyediakan whatsapp penjual agar bisa saling berkomunikasi untuk klaim barang, komplain barang dll.
  • Self Regulation = berfungsi sebagai sarana promosi e-commerce untuk mempromosikan barang yang di jual oleh pengusaha UKM yang biasa menjual produknya dalam e-commerce tersebut, promosi bisa juga berupa video, banner promosi yang menawarkan barang yang di jual pengusaha,agar e-commerce dan pengusaha UKM dapat berkembang lebih baik dan dapat mencapai pasar yang lebih besar.


1.3 Flowchart E-UKM

Berikut adalah flowchart dari E-UKM dari bagian terkecil yaitu Produsen




kesimpulan dari penjelasan di atas adalah E-UKM / bisa kalian artikan seperti E-commerce yaitu pengusaha UKM yang menjual barangnya melalui internet dengan cara mempromosikan produk mereka di e-commerce yang sudah ada saat ini, agar jangkauan pasar para pengusaha UKM lebih luas dan bisa mendapat hasil yang maksimal, dan untuk seorang programmer yang ingin membuat e-commerce sendiri untuk membantu pengusaha ukm agar mendapat jangkuan pasar yang luas, perlu di perhatikan hal2 yang sudah saya jelaskan di atas tadi agar e-commerce yang dibuat bisa lebih maju dan pengusaha UKM mendapat hasil yang memuaskan.

sekian penjelasan dari saya, apabila ada salah kata mohon di maafkan, terima kasih

3 Comments

Previous Post Next Post